KPUD Toba Libatkan 50 Warga, Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

topmetro.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba kembali melakukan sortir dan pelipatan surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, tepatnya 14 Februari mendatang.

Sortir dan pelipatan surat suara melibatkan 50 warga. Berlangsung di kantor KPUD Toba, Jalan Soposurung, Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Selasa, (9/1/2024).

Ketua KPUD Kabupaten Toba, Sugar Fernando Sibarani di ruang kerjanya, menuturkan bahwa sortir dan pelipatan surat suara yang pihaknya lakukan bersama masyarakat saat ini, adalah surat suara Pilpres (pemilihan presiden) dan DPD (dewan perwakilan daerah).

“Saat ini sortir dan pelipatan adalah untuk surat suara, Pilpres dan DPD. Dan sudah kita mulai kemarin, (Senin, 8/1/2024, red),” terang Sugar, Selasa, (9/1/2024).

Terkait jumlah surat suara baik untuk Pilpres dan DPD, ia ungkapkan bahwa untuk masing-masing jumlah surat suara adalah 152.802.

“Estimasi kita 4 atau 5 hari kedepan surat suara suara Pilpres dan DPD selesai sortir dan di lipat,” harapnya.

Terkait aturan atau SOP (standar operasional prosedur) dalam proses sortir dan pelipatan surat suara, ia sampaikan, bahwa sebelumnya para petugas yang terlibat untuk melakukan sortir dan pelipatan, sudah mendapatkan pembekalan, pelatihan, dan aturan yang wajib ditaati.

“Antara lainnya terlebih dahulu kita lakukan body checking, isi daftar hadir. Selanjutnya mereka di minta menaruh barang-barang pribadi ke tempat yang telah tersedia. Termasuk barang-barang seperti HP, korek api, makanan dan minuman. Dan benda-benda lainnya yang berpotensi merusak surat suara selama melaksanakan sortir dan pelipatan,” paparnya.

Sesaat mengakhiri wawancara, tak luput Sugar juga menambahkan bahwa sebelumnya di bulan Desember 2023 lalu, pihaknya dan para petugas sortir dan pelipatan surat suara sudah menyelesaikan 3 jenis surat suara lainnya.

“Bulan Desember 2023 lalu kita juga sudah selesaikan 3 surat suara lainnya. Baik surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Toba. Dan semuanya berjalan baik dan lancar,” pungkasnya.

penulis | Guntur

Related posts

Leave a Comment